RSS

Jatuhkah Gengsi anda jika menggunakan jam Tangan Replika

05 Mar


Suatu kali saya bertemu dengan seorang kawan dia menanyakan kepada saya: “Memakai Jam Tangan REPLIKA jika sampai diciri orang malunya lebih mahal dari membeli JAM TANGAN ASLI!” menyimak kalimat kawan saya ini membuat saya berpikir : “separah itukah anggapan orang mengenai Jam Tangan REPLIKA?”.
Sidang pembaca yang bijaksana! ada bagi sebagian kita memiliki anggapan bahwa Jam Tangan REPLIKA adalah Jam Tangan PALSU, yang membuat sipemakai jadi turun pamor jika mengenakannya.Berangkat dari anggapan inilah saya hendak membuat sebuah penjabaran mudah-mudahan setelah anda membaca dan merenungkanya anda akan memiliki pendapat baru lepas setuju atau tidak inikan sekedar pemikiran toh kita sekarang hidup dimasyarakat modern nan demokratis dimana perbedaan pemikiran sudah bukan jaman lagi untuk dipertentangkan,betul?.

JAM TANGAN REPLKIA BUKAN JAM TANGAN ASLI
Pertama-tama kita meski mendasari pemikiran bahwa Jam Tangan REPLIKA itu bukan Jam Tangan autenthik, dengan demikian kemanapun kita pergi,dimanapun kita mengenakannya,kepada siapapun kita bicara meski disadari bahwa yang melingkar dipergelangan tangan kita adalah sebuah Jam Tangan REPLIKA, kata REPLIKA disini saya pergunakan untuk menyebutkan bahwa Jam Tangan tersebut dibuat menyerupai kondisi autenthiknya dengan kata lain bahwa Jam Tangan tersebut ada versi autenthiknya (baca:asli).
Sama halnya jika anda penyuka mainan model/miniatur baik itu mobil-mobilan ataupun motor pun pesawat terbang pastilah sipembuat tatkala mendisain,membuat serta memasarkannya tidak akan pernah berpikir bahwa produk mereka adalah autenthik namun kita suka oleh sebab sebab tertentu membuat kita mati-matian memburunya tidak jarang meski merogoh kocek dalam-dalam karena saking mahalnya.
Seperti inilah yang ada dibenak pemikiran saya bahwa Jam Tangan REPLIKA itu just toys! dimana memiliki unsur have fun saat kita mengenakanya. Namun tidaklah sesederhana pemikiran diatas sebab Jam Tangan REPLIKA pun memiliki unsur seni tidak kalah dengan miniatur mobil-mobilan/motor/pesawat. Sebab Jam Tangan REPLIKA adalah karya serius seserius versi autenthiknya bayangkan saja jika versi autenthiknya berfitur chronograph,GMT,Moonphase atau apapun fiturnya diversi REPLIKA juga sama,hebat bukan! bandingkan dengan miniatur mobil/motor/pesawat tidak ada yg demikian.

JAM TANGAN REPLIKA : COLLECTOR ITEM
Memiliki Jam Tangan REPLIKA sama dengan memiliki barang koleksi artinya jika anda membeli Jam Tangan jenis ini sama halnya membeli barang-barang collector item. Dimana sebenarnya letak kekhas-an nya sehingga bisa disebut sebabagai barang-barang koleksi, Pembaca artikel yg bijak! semua Jam Tangan REPLIKA dibuat dengan tangan (perakitannya manual) sehingga setiap edisi selalu tidak sama, mahal dan tidaknya tergantung tingkat kehalusan finisingnya. Jadi amat berbeda dengan Jam Tangan lansiran pabrikan yang jelas-jelas mass product. Yang dibuat berulang-ulang.

Hanya saja perlu pengetahuan yang baik agar apa yang anda beli dan koleksi benar-benar sepadan dengan nominal yang kita keluarkan,sebab uang anda adalah tanggung jawab anda! tidak semua yang ditawarkan sebagai Jam Tangan REPLIKA memiliki kelayakan yang baik untuk itu belilah dari ahlinya bukan sekedar pedagang yang hanya mau uang anda saja,ingat! uang anda dicari setengah mati…paling tidak anda meski medapat jaminan reparasi juga spare part kalo kedua hal ini dijamin itu namanya pedagang yg bertanggung jawab bukan HIT AND RUN abis jual cuci tangan.

BEDA JAM TANGAN REPLIKA DENGAN JAM TANGAN PALSU
Barang kali perlu dipertegas disini bahwa tatkala kita membicarakan Jam Tangan itu sebenarnya kita sedang membicarakan 3 (tiga) jenis Jam Tangan yakni :autenthik,REPLIKA dan palsu
secara singkat saya uraikan sebagai berikut:
Autenthik sebagai mana arti katanya adalah asli jadi Jam Tangan autenthik itu merupakan versi asli lansiran merek tertentu resmi baik merek,model juga movementnya pada umumnya terdaftar didepartemen perindustrian negara pembuat (baca:swiss) sedangkan REPLIKA adalah Jam Tangan tiruan (yg berati bentuk/model, merek juga movement meniru/menjiplak/plagiat dari versi autenthik) dengan demikian pada dasarnya Jam Tangan REPLIKA itu bukan resmi lansiran merek tertentu namun baik model,fitur serta jenisnya dibuat sama persis. Jam Tangan palsu merupakan Jam Tangan dengan merek yang tidak jelas,bisa saja memakai merek tertentu lalu mengaku buat negara tertentu (swiss) namun sebenarnya bukan buatan negara tsb,mesin/movement pada umumnya buatan jepang (namun tidak pernah diakui) tidak memiliki patent resmi dari negara yang diakui sebagai produsen, nah terhadap jenis inilah kita meski waspada karena biasanya Jam Tangan ini dicitrakan sebagai Jam Tangan berkelas dimana sejatinya tidak lebih dari Jam Tangan palsu!.

Sehingga ketika kita sudah mengetahui kondisi diatas sebagai konsumen yg bijak maka diharapkan pada waktu memutuskan membeli bukan lagi membeli kucing dalam karung yang tidak tahu apa isinya sesuai yg di janjikan, sekali lagi Jam Tangan REPLIKA tidak pernah dikatakan sebagai Jam Tangan autenthik (meski sebagian pedagang ada yg bilang autenthik) jika hal ini anda jumpai itu penipuan! 

KESIMPULAN

Akhir kata saya perlu menegaskan bahwa banyak kalangan penggemar Jam Tangan yang sinis/memandang sebelah mata Jam Tangan REPLIKA namun saya bilang mereka salah! REPLIKA memang tidak diakui oleh pabrikan namun bukan berarti tidak baik untuk dikoleksi, REPLIKA memang bukan autenthik namun bukan berarti tidak bermutu.

REPLIKA juga bukan berarti jika anda memakainya akan jatuh gengsi, tidak! kalau dari awal anda menyadari bahwa ini just toys, serta tidak dalam rangka menipu siapa saja dengan mengatakan kalau ini autenthik. REPLIKA is REPLIKA namun anda akan menemukan kepuasan yang tidak kalah serunya dibandingkan versi autenthiknya bayangkan saja hanya dengan uang 2-3jt-an anda bisa mengenakan Jam Tangan jika versi autenthiknya seharga mobil atau rumah kelas menengah/mewah,gimana masih ragu?

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 5, 2009 in Hobbies

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s