RSS

Mengenal klasifikasi JAM TANGAN

05 Mar

Mengenal klasifikasi JAM TANGANBanyak diantara kita yg kurang paham bahwa didalam dunia per Jam Tanganan ada juga “kasta” kalau anda ingat bahwa dalam artikel saya terdahulu (Jam Tangan koleksi dan investasi) sudah disebutkan bahwa merek amat memegang peranan, dalam tulisan kali ini saya akan membahas kelas/klasifikasi Jam Tangan setidaknya dengan ini kita akan mengerti mana-mana Jam Tangan yg memiliki nilai tambah atau sekedar sebagai alat penunjuk waktu semata.BERBAGAI JENIS JAM TANGAN
Ada beberapa jenis Jam Tangan yg dapat kita temukan dipasaran namun secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yakni: Sport,fashion/dress watch,complicated/rumit atau ada beberapa rekan yang menggunakan istilah mid-end itu adalah jenis sport, low-end sama dengan dress watch (Jam Tangan yg dipergunakan semata-mata untuk menunjang penampilan /fashion) dan high-end yang adalah topnya jenis Jam Tangan. Perlu dicatat disini adalah bahwa setiap merek pada umumnya memiliki 3 (tiga) jenis yg disebutkan diatas sehingga tidak bisa dibilang merek A itu identik pada jenis fashion (pada pembahasan nanti akan saya kemukakan pendapat saya mengenai merek tertentu yg adalah jenis Jam Tangan yg tidak masuk 3 (tiga) kategori diatas).

JAM TANGAN LOW-END / FASHION 
Pada segmen ini barang kali kalau mau disebutkan satu persatu akan menyita ruangan dari artikel ini, namun secara umum kelas ini adalah papan bawah artinya Jam Tangan jenis ini nilai jual seken hennya jatuh bisa lebih dari 70-80% dari harga baru, murah sekali!. Pemain dikelas ini adalah:
japan made : Alba,Guess,Nautica,Fossil,Elle,DKNY,Morgan,Bonia,Angel,Christ verra,George Claude,Alexandre Christie,swiss expedition,swiss army,Chronomaster,levi’s, (banyak lagi mungkin anda bisa mencantumkan daftarnya sendiri)
Swiss made : Gucci,Fendi,Nina Ricci,Da Vinci,Guy laroche,Charles Jourdan,Aigner,Charriol,Esprit,Swatch,Raymond Weil,(masih banyak lagi merek lainnya )
Pada bagian ini prinsipnya ialah bahwa setiap merek yg berangkat dari MAIN PRODUCT bukan Jam Tangan dapatlah dikategorikan pada klasifikasi fashion misal:Gucci, Fendi,Nina Ricci,Hermes,Guess,Nautica,Levi’s,Diesel,police,marc ecko dll mereka ini cuma punya merek selebihnya cuma akal-akalan iklan yg bombastis seolah-olah mereka adalah industriawan Jam Tangan kampiun (padahal cuma tukang ‘jahit’ belaka: artinya mesin beli dimana, casing bikin dimana).
Tapi ada yg lebih parah lagi ialah dengan sekedar menggunakan mesin swiss (kalau cuma begini siapa saja bisa) paling-paling RONDA,ISAsudah mengklaim sebagai Jam Tangan swiss made, memakai kata ’swiss made’ menurut hemat saya tidaklah segampang hanya memasang mesin buatan swiss ( karena mesin swiss bisa dg mudah kita beli) yg jelas swiss made itu sebuah pengertian yg meliputi mesin,proses produksi,qualiti kontrol dilakukan di swiss “final inspection in swizserland”.

JAM TANGAN MEDIUM END
Pada kelas ini Jam Tangan dibuat tidak sekedar untuk menunjang penampilan dikarenakan Jam Tangan diciptakan untuk keperluan tertentu semisal: olah raga,penunjuk zona waktu yg berbeda (GMT/Dual Time),dll. Ciri Jam Tangan kelas menengah ini adalah mereka-mereka yg memang memiliki sejarah panjang sebagai industriawan Jam Tangan contohnya: TAG Huer, TISSOT,MIDO,RADO,RAYMON WEIL,OMEGA,ROLEX,HAMILTON,TUDOR,BAUME et MERCIER,ORIS, BREITLING dsb. Merek-merek yg tersebut diatas boleh menjadi acuan untuk dimiliki dikarenakan memang benar-benar swiss made disamping brand imagenya bagus (nilai jual ulangnya/sekenhen masih lumayan).
Dengan demikian apa yg dimaksudkan Jam Tangan paling tidak adalah merek-merek tersebut diatas (medium end) bukan low end! 

JAM TANGAN HIGH END
Kalau berbicara ‘mbahnya’ Jam Tangan ya kelas ini meminjam analogi kawan saya “Jam Tangan high end lebih merangsang ketimbang melihat julia perez telanjang”, bagaimana tidak dari segi harga saja sudah bisa membuat kita ‘tegang’ kisarannya bisa ratusan juta hingga milyaran rupiah, gila bukan?! belum lagi bicara teknologi mesin yg digunakan ck..ck..ck..(bukan merek Jam Tangan lho!) ‘mak nyuus’.
Jam Tangan yg dapat dikategorikan pada kelas ini memiliki ciri: case dari material abadi LM (logam mulia), mesin berkelas wahid misal:TOURBILLON,MINUTE REAPETER & RETROGRADE memang masih ada jenis mesin lain tapi paling tidak ketiga jenis yg saya sebutkan sudah dapat mewakili siapa saja yg termasuk dalam kelas ini? mereka adalah: PATTEK PHILIPE,VACHERON CONSTANTIN,PIAGET,PARMIGIANI,FP JOURNE,BLANCPAIN,BREGUET,CORUM,AUDEMARS PIGUET,ARNOLD&son,A LANGE&son, GLASSAUTE,GRAHAM,ANTOINE PREZIUSO,DANIEL ROTH,DEWITT,DELANEAU dsb.

KESIMPULAN
Jika hendak membeli Jam Tangan pertama-tama yg perlu diperhatikan adalah dana yg tersedia berapa, dari dana kita baru bisa menentukan Jam Tangan kelas apa yg dapat kita peroleh ratusan ribu hingga jutaan adalah kelas fashion, jutaan hingga puluhan kelas medium, puluhan hingga tak terbatas merupakan Jam Tangan high klas! namun yg terpenting yg perlu dicatat adalah pastikan anda membeli Jam Tangan apapun kelasnya ditempat yg tepat (agen resmi)pastikan kwalitas yg kita beli sesuai dengan spesifikasinya,demikian halnya garansi meliputi apa saja dan yg terakhir keasliannya. Sebab saya akan tahu anda siapa dari Jam Tangan yg anda kenakan! 

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 5, 2009 in Hobbies

 

2 responses to “Mengenal klasifikasi JAM TANGAN

  1. servicii seo

    Maret 1, 2013 at 5:05 pm

    Its like you read my mind! You appear to understand a lot approximately this,
    such as you wrote the book in it or something. I believe that you simply could do
    with some % to force the message house a little bit, however instead of that, this is magnificent blog. A fantastic read. I’ll definitely be back.

     
  2. Maya

    April 2, 2014 at 10:35 am

    Hai Kak, mau tanya kalau jam tangan merk hegner itu produk lokal ya? garansinya garansi distribusi (toko) ya kak? kalau swiss army juga ya? terima kasih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s