RSS

Puasa Sunnah Senin Kamis

30 Mar

Arti puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.

Puasa memiliki fungsi dan manfaat untuk membuat kita menjadi tahan terhadap hawa nafsu, sabar, disiplin, jujur, peduli dengan fakir miskin, selalu bersyukur kepada Allah SWT dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Orang yang diperbolehkan untuk berbuka puasa sebelum waktunya adalah :

– Dalam perjalanan jauh 80,640 km (wajib qodo puasa)

– Sedang sakit dan tidak dapat berpuasa (wajib qodo puasa)

– Sedang hamil atau menyusui (wajib qada puasa dan membayar fidyah)

– Sudah tua renta atau sakit yang tidak sembuh-sembuh (wajib membayar fidyah 3/4 liter beras atau bahan makanan lain)

Popularitas puasa senin kamis nyaris tak perlu dipertanyakan lagi.Inilah sunnah nabi yg memungkinkan umatnya mendapat manfaat puasa setiap minggu.Amalan ini memang sangat baik.Beberapa hadist nabi menjelaskan keutamaannya. Abu Hurairah ra dg riwayat Ahmad menyebut bahwa nabi SAW paling sering berpuasa senin kamis.Ketika hal itu ditanyakan sahabat beliau menjawab,”Seluruh amal dibentangkan pada hari senin dan kamis. Ketika itulah Allah mengampuni setiap muslim atau mukmin kecuali yg melakukan dosa secara terang – terangan. Allah berkata ,”tundalah untuknya”. Dengan bahas dan penyampaian yang mirip sebuah hadist dari AISYAH ra. dan USAMAH menyebutkan bahwa kesungguhan Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa senin-kamis, dikatakan beliau karena pada dua hari itulah amal manusia dilaporkan kepada ALLAH SWT. “Dan aku suka pada saat amalku dilaporkan aku sdg dalam keadaan berpuasa”. Garansi spiritual puasa senin kamis juga dapat dikaitkan dg garansi yg diberikan kepada amalan lain. Sebagaimana Masyur diketahui “lewat hadist shohih,pada hari kiamat kelak ,orang yang berpuasa akan masuk syurga melalui pintu khusus yakni Rayyan”. Puasa juga menjadi benteng yang tangguh untuk melindungi seseorang dari panasnya neraka yang membara,demikian hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Tak hanya itu,puasa juga dapat menyucikan jiwa seseorang yang menjalankannya. Hadist riwayat Ibnu Majah menyebut, ”Segala sesuatu ada zakat pencucinya,sedangkan zakat jiwa itu adalah dengan berpuasa.dan puasa itu separuh kesabaran”.

Adapun Niat untuk berpuasa adalah ibadah karena sesungguhnya suatu ibadah itu akan dinilai ibadah dan diterima ketika memenuhi dua syarat.

1. Ikhlas, melakukan ibadah karena ingin mengharap Ridha Allah atau apa-apa yang telah Allah janjikan serta menjauhi segala sesuatu yang dapat menodai keikhlasan kita.

2. Sesuai dengan petunjuk yang diajarkan oleh Rasulullah.

Tanpa kedua syarat ini amal perbuatan yang kita lakukan tidak akan diterima sebagai ibadah di sisiNya.

Berhubung niat adalah yang menentukan suatu ibadah dan berniat sendiri adalah sebuah bentuk ibadah, maka kita perlu melihat apa yang Rasulullah lakukan ketika berniat ini, dan sejauh yang saya ketahui… Tidak sekalipun Rasulullah mengucapkan niat ketika memulai suatu ibadah, akan tetapi dalam hati.

Pun tidak ada susunan kata yang khusus untuk sebuah niat suatu ibadah.

Jadi dengan niat anda dan amalan anda yaitu makan sahur dan menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa di siang hari hari senin ato kamis itu udah merupakan niat dan praktek dari niat itu sendiri. Ga’ ada baca-baca apapun ketika niat… (Bacaan niat khusus ga’ ada)

Janganlah mambebankan kepada kita sesuatu yang tidak dilakukan oleh Rasulullah dalam Ibadah.

Karena betapapun baik di mata kita, namun jika tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah, PASTI TERTOLAK.

Semoga Allah menerima segala amal baik yang kita lakukan dan menilainya sebagai Amal Sholeh yang berpahala di sisiNya.

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2009 in Sucikan Hati

 

One response to “Puasa Sunnah Senin Kamis

  1. ii abdullah bajry

    Juli 22, 2009 at 10:22 pm

    assalamu’allaikum, saya mohon ijin mengambil foto nya untuk di jadikan grup facebook/ nikmatnya berpuasa

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s