RSS

Membuat Tone IR lebih cerah dan variatif dengan Photoshop “Minimalisir Grain”

12 Mei

Disadur dari Hanky Tanuwijaya ( FN )

Pertama2 masukan file mentah IR kedalam Photo shop…Lalu Ketik “CTRL+U” untuk shortcut menuju pengaturan Hue dan Saturasi..Atur Hue sedemikian rupa untuk memilih kombinasi warna yang anda inginkan…

NB:untuk pertama kali, perbedaan warna belum terlalu terlihat, karena warna keseluruhan masih terlihat pucat..

Kedua.. aturlah saturasi yang ada di bawah metering “Hue”..Saturasi untuk mengatur tingkat kecerahan pada gambar..Dengan menambah saturasi, gambar mulai terlihat makin cerah…Namun perlu diingat, bahwa menambah saturasi akan menimbulkan “grain”…Jadi tambahkan saturasi secukupnya..

Setelah meningkatkan saturasi dan perubahan warna pada Hue, Selanjutnya Gunakan Match Color untuk meningkatkan intensitas warna, dan juga memperbaiki warna yang terlihat lebih pucat…Match color lebih minimal meningkatkan grain dibanding dengan penambahan saturasi..

NB:Letak menu “match color” IMAGE>ADJUSTMENT>MATCH COLOR

Sampai tahap ini sebenarnya Warna sudah lebih cerah dan Tone baru sudah bisa didapatkan…Namun, untuk lebih variatif, bisa kita lanjutkan kepada tahap berikutnya dengan penggunaan menu Selective color..

fungsi..Selective color fungsinya adalah untuk memilih Warna yang ada pada Gambar, Lalu mengatur kadar warna yang ada di dalamnya..

Misalkan.. Jika anda memilih warna biru, Berarti komputer akan menyeleksi semua unsur pada gambar yang mengandung warna biru.. Lalu anda atur kadarnya warna CMYK (cyan,Magenta,Yellow,Black)sesuai keinginan anda..

pada gambar dibawah, yang saya pilih adalah warna biru pd gambar, dan saya tambah kadar cyan agar langitnya makin terang dan segar… Letak Selective color:IMAGE>ADJUSTMENTS>SELECTIVE COLOR

Tahap selanjutnya yaitu dengan mengatur kontras gambar tersebut…pada gambar di bawah, saya menggunakan Curve”CTRL+M” untuk mengaturnya…tetapi ada cara lain yang lebih mudah dilakukan yaitu dengan pengaturan Level”CTRL+L”…

Bagian kiri adalah metering untuk shadow, dan bagian kiri adalah metering Highlight…Dengan Metering Level dan Curve ini, gambar dapat terlihat lebih hidup..

Selesai sudah..Retouching untuk mempercerah gambar IR…Untuk Penyelesaian akhir, kita kambali kepada cara pertama…yaitu dengan pengaturan HUE “CTRL+U”….Dengan Mengatur metering Hue tersebut, anda akan mendapat pilihan warna yang cukup banyak…

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2009 in teori photoshop

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s