RSS

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali

21 Mei

Akhir-akhir ini saya sering sekali kesal dengan perlakuan beberapa orang. Apakah karena dia terlalu banyak bertingkah, sok pinter, sok gaul, dan so so an yang lainnya. Sepertinya ada yang salah nih, bisa jadi yang sombong itu ternyata saya sendiri…. waaaaah, pada akhirnya kebetulan malam tadi saya membaca sebuah artikel tentang cara-cara agar kita tidak sombong ala imam ghazali…

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali #1Jikalau bertemu anak-anak, tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa mereka itu lebih baik dari kita, karena mereka tidak punya dosa..

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali #2Jika bertemu dengan orang dewasa, berpikirlah bahwa mereka telah banyak berbuat amal baik.

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali #3Jika bertemu dengan dengan orang yang lebih pintar, anggaplah dia lebih mulia karena keilmuannya.

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali #4Jika bertemu dengan orang yang lebih bodoh dari kita, jangan dikira kita lebih baik darinya. Bisa jadi dosa yang telah ia perbuat itu karena ketidaktahuannya, sedangkan dosa kita justru ada dalam pengetahuan kita.

Tips supaya tidak sombong ala Imam Ghazali #5Jika bertemu dengan orang yang jail/jahat/kafir/dsb, jangan dulu merasa di atas mereka, bisa jadi suatu saat mereka bertaubat, dan keimanan serta amal baik mereka melesat melebihi kita karena taubat dan keikhlasannya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 21, 2011 in Sucikan Hati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s