RSS

Ternyata Umur Produktif Manusia Hanya 1/3 Dari Umurnya

13 Jan

Kalau kita berbicara tentang ‘Berapa Umur produktif Manusia’, Perlu disadari bahwa umur produktif manusia sesungguhnya tidak lebih dari sepertiga dari usianya.

Sebagai contoh jika seseorang diberi jatah hidup 0leh Allah selama 60 tahun, maka tidak semua 60 tahun itu produktif, atau dalam terminologi Islam dikenal dengan “wa amilu sholihat” beramal shaleh. Ada pemotongan pemotongan waktu dengan alokasi yang sudah jelas. Dari 60 tahun ini, terpotong dengan waktu tidur, dimana rata-rata manusia menghabiskan waktu tidur selama 8 jam perhari. Artinya, ia menghabiskan waktu selama 20 tahun hanya untuk tidur. lya, hanya untuk tidur. Dan tidur itu dianggap tidak produktif, karena ia tidak menghasilkan prestasi apa-apa. Jadi, dari 60 tahun tersisa 40 tahun lagi. Dipotong lagi dengan masa usia sebelum balig, 15 tahun -menurut lmam Ahmada Jadi dari 40 tahun, tersisa 25 tahun.

Dipotong lagi masa ke kamar mandi, makan dan aktivitas lainnya yang dianggap tidak produktif, yang kalau dihitung-hitung bisa menghabiskan waktu selama 5 tahun. ]adi, waktu yang tersisa tinggal 20 tahun lagi. Lnilah waktu yang menjadi modal manusia untuk dipakai beramal sebanyak-banyaknya untuk dibawa menghadap Allah. Tentu, tidak cukup. Lalu kapan beribadahnya?,.. Mari kita hitung lagi,

1x Sholat kira kira 10 menit, 5x sholat, 50 menit dalam sehari. Anggaplah 1 jam sehari, dan kita lakukan dalam masa produktif kita 20 tahun. Berarti kita melakukan sholat 1/24 hari per harinya.

20 tahun = 20 x 365 hari = 7300 hari

7300 x 1/24 = 304.2 hari = sekitar 10.1 bulan saja.

Ternyata seumur hidup kita, kita hanya melakukan Sholat Cuma 10 bulan saja dari seluruh umur hidup kita. Itupun belum tentu sholat kita bermakna berpahala dan diterima.

Dan, sekiranya sholat kita selama 10 bulan berpahala, apakah sebanding dengan perbuatan dosa dosa kita selama hidup kita. Dalam kata kita yang selalu dusta, baik yang terasa maupun yang sengaja, dalam kata kita yang selalu cerca terhadap orangtua, dalam harta kaya kita yang selalu kikir terhadap orang fakir, dalam setiap langkah kita yang selalu bergelimang dosa.

Terlalu banyak waktu yang terbuang percuma selama manusia hidup di dunia dan semuanya itu akan menjadi bencana. Karena itu , tiada kata terlambat walaupun waktu bergulir cepat, isilah dengan sesuatu apa yang bermanfaat bagi kehidupan kekal kita. Sholatlah untuk mengingat Allah dan mengingat Akhirat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 13, 2012 in Sucikan Hati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s